Internet Positif Anak : Bukan Ahli SEO

Jl. Pramuka, Kap. Pengasinan No.
4 Rt. 01 Rw. 02 Kel. Pengasinan Kec. Rawalumbu Bekasi

Mengapa Pengenalan Internet Positif Harus Dilakukan Sejak Usia Dini

Mengapa Pengenalan Internet Positif Harus Dilakukan Sejak Usia Dini 


Tidak bisa kita pungkiri sekarang adalah jamannya internet. Hampir semua sendiri dari kehidupan tidak bisa terlepas dari "penemuan baru" yang satu ini. Tidak hanya kalangan dewasa yang aktif menggunakan internet di setiap aktivitasnya. Kalangan anak-anak pun dengan dratis mulai kehilangan masa kanak-kanaknya karena telah mengenal internet lebih awal. Dimulai dari memainkan sebuah permaian di gadgetnya atau melihat-lihat media sosial telah merampas masa-masa yang seharusnya lebih digeluti oleh anak-anak usia belia tersebut. Anak-anak tidak akan pernah lagi mengenal permaian "hide and seek" atau membuat kuda-kudaan dari pelepah pisang. Setiap dari mereka tak pernah lepas dari berbagai gadget yang mengukung kreativitasnya. Suatu hal yang sepertinya "biasa" namun kedepan nanti akan menghasilkan generasi yang sangat lemah. Individualis, mau menang sendiri, itu salah satu yang akan tertanam bila terlalu banyak bermain dengan gadgetnya. 

internet-positif


Satu hal lain yang bisa kita saksikan adalah gencarnya media sosial. Anak-anak pun tidak ketinggalan ikut serta dari fenomena ini. Dengan sedikit "mengakali" anak yang belum cukup umur pun bisa mempunyai beberapa akun di medsos tersebut. Maka tak heran bila sekarang halaman medsos kita pun dipenuhi dengan beberapa postingan dari anak bau kencur tersebut. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah tidak adanya kode etik tentang internet positif yang tertanam. Maka tak jarang kita akan menjumpai kata-kata yang tidak senonoh muncul dan jumlahnya pun sangat banyak yang keluar dari gadget-gadget mereka. 

Baginya internet adalah kebebasan, bebas mengatakan sesuatu, tidak ada hukum atau rasa bersalah/berdoa, dan lain sebagainya. Semaunya gue, istilah lainnya. Maka untuk itulah memang sangat perlu mengenalkan sejak dini internet positif itu kepada anak-anak. Agar walaupun mereka masih menggunakan gadgetnya, namun sedikit bisa mengurangi hal-hal negatif yang akan mereka dapatkan. 

Siapakah yang harus mengenalkan internet positif kepada anak-anak? 


Banyak dari kita pasti menjawab "pemerintah". Memang tidak salah karena kewenangan dan juga tanggung jawab terbesar dalam hal ini adalah tugas dari pemerintah. Namun begitu yang juga menjadi tanggung jawab untuk mengenalkan internet positif tersebut adalah keluarga. Di keluarga lah hal ini harus dimulai. Orang tua harus terus menerus mengikuti perkembangan jaman dengan berbagai gadget yang sering digunakan anak-anak. Orang tua tidak boleh "gaptek" sehingga mudah untuk dikelabuhi anak-anaknya dalam masalah internet positif ini. Kalaupun perlu orang tua yang bersangkutan harus mencari tahu kepada pihak lain yang berkompeten dalam masalah ini, agar bisa membentengi anak-anaknya di dalam dunia internet. 

Tidak kunjung siapnya pemerintah dalam menangani masalah internet positif terhadap anak-anak usia dini, menjadi masyarakat atau oranisasi keagamaan juga harus mulai unjuk gigi untuk mencari solusi yang tetap dalam menghadapi masalah ini. Perlu digiatkan kembali berbagai organisasi kepemudaan terutama di kalangan organisasi keagamaan untuk menangani masalah ini. Dibentuklah sub kecil organisasi kepemudaan tersebut untuk mengadakan penyuluhan tentang internet positif dan juga memberikan alternatif kegiatan kepada anak-anak sehingga tidak terlalu fokus dalam dunia internet. 

Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan agar anak-anak lebih dini dalam mengenal internet positif. Lain hari atau waktu akan kami uraian secara lebih mendetail sehingga anak-anak kita tetap aman dalam menggunakan gadgetnya dan sekaligus bisa memainkan kembali dunia anak-anak mereka yang lebih ceria. Semoga bermanfaat. 

Penulis adalah : 
Travel Umroh Khazzanah Tour.

Afiliasi Mengapa Pengenalan Internet Positif Harus Dilakukan Sejak Usia Dini


Internet-positif

Back To Top